BAU BADAN pada anak si kecil

02.28 Diposting oleh Smart Women

Keringat dihasilkan oleh dua kelenjar, yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apocrine.
Kelenjar accrine memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi.

Sedangkan kelenjar apocrine terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak, kemaluan, dan di dalam hidung. Kelenjar apocrine bersifat aktif “setelah masa pubertas”.

Kelenjar accrine mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.
Sedangkan kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak.

Bau badan disebabkan karena :
> cairan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine bercampur dengan bakteri di setiap helai rambut yang mengandung bakteri ,yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbullah bau badan yang tak sedap.
> Kurang menjaga kebersihan badan. Kebersihan badan berawal dari pakaian yang dikenakan, secara teratur membersihkan badan atau mandi 2 kali sehari, serta menjaga makanan yang dikonsumsi.
> Faktor kegemukan (obesitas). Pada anak yang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit. Keringat yang tidak cepat kita bersihkan, kemudian bercampur dengan bakteri, maka bau badanpun akan muncul ditubuh anak.

> Bau badan juga dipengaruhi oleh hormone dan makanan yang dikonsumsi , khususnya makanan yang berprotein tinggi, seperti daging kambing (karena dapat melebarkan pembuluh darah), durian, bawang goreng, dan juga obat antibiotika.

> Kondisi kejiwaan anak, seperti stress dan emosi yang juga mempengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif, sehingga memperparah bau badan.

> Bau badan tak sedap bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Banyak cara dilakukan untuk menyingkirkan atau menyamarkan bau badan tak sedap. Saat ini, cukup banyak produk penghilang bau badan yang dijual di pasaran, mulai dari deodoran, obat minum, dan bedak.

Cara yang paling aman dan hemat untuk menghilangkan bau badan sebenarnya mudah dan murah. Selalu membersihkan ketiak dan bagian lipatan kulit lain dengan sabun antiseptik setiap kali mandi. Setelah mandi, keringkan dengan handuk, tisu atau lap kering dan bubuhkan bedak antiseptik. Selain itu, konsumsi buah, sayur, serta minum air putih dapat menyebabkan keringat menjadi lebih encer sehingga bau badan menjadi berkurang.

dr.Dirga S.Rambe, TOA : April 2010.

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    tips yg baik...

    http://obatmenghilangkanbaubadan.blogspot.co.id/

Posting Komentar