Kanker Payudara

00.33 Diposting oleh Smart Women


Dulu saya punya kenalan seorang ibu berusia 35 tahun punya seorang putri dan punya suami yang cukup mapan. Cobaan datang ketika dia didiagnosa terkena kanker payudara dia harus menjalani operasi dan khemoterapy. Saya melihat penderitaan yang dia alami begitu menyiksa bukan hanya penderitaan fisik karena rasa sakit saja tapi juga penderitaan psikis dimana dia harus menerima banyak perubahan dalam tubuhnya. Payudaranya diangkat, wajahnya timbul flek-flek hitam dan juga kehilangan rambutnya karena rontok waktu menjalani khemoterapy . Dan perasaan tidak lagi dicintai suaminya karena merasa sudah tidak utuh lagi sebagai wanita. Menyedihkan melihatnya seperti itu.
Kenapa disebut kanker payudara ?

Karena kanker ini menyerang jaringan payudara , istilah kedokterannya ” carcinoma mammae” merupakan
penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini menyerang kaum wanita tapi kaum pria pun bisa terserang kanker payudara tapi persentase sangat kecil sekali.

Jika terserang penyakit kanker payudara pengobatan yang biasa dilakukan adalah dengan pembedahan setelah itu dengan khemoterapy atau radiasi.
Apa saja gejalanya ?

- Pertama yang bisa dirasakan adalah adanya benjolan di payudara kita. Awalnya mungkin benjolan kecil saja dan tanpa rasa nyeri dan makin lama makin membesar disertai rasa nyeri.

- Terjadi perubahan pada kulit sekitar payudara yang jadi mengkerut seperti kulit jeruk dan timbul berupa borok (ulkus) pada payudara. Borok ini makin lama makin besar dan dalam dan disertai bau busuk dan mudah berdarah.

- Puting susu tertarik kedalam dan terjadi pendarahan.

- Bagian lengan mulai bengkak dan timbul pembesaran kelenjar getah bening. Saat ini kanker sudah mulai menyebar ke seluruh tubuh.

Pola hidup sehat sangat dianjurkan untuk pencegahan dan melakukan pemeriksaan dini dengan menjalani tes mammografi setiap 2 tahun sekali sampai usia kita mencapai 50 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar